FOD bagaimana kabarmu…???

12107927_10205048262958637_4046529321301309124_nAssalamualaikum…

Sudah lama tak bersua jadi kangen kalian semua…

Bagaimana kabar kalian semua, saya harapkan tetap sehat semua. Walau jarang bertemu dan sudah purna dari tugas Operator tapi saya tetap mengikuti perkembangan segala informasi yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi operator sekolah. Syukur Alhamdulillah semua sudah pada paham, lihai dan pastinya mempunyai integritas sebagai salah satu insan terpenting pendukung kemajuan pendidikan di Indonesia terutama Kota Malang tercinta ini.

Secara de yure anggota group ini semakin hari semakin bertambah mulai dari operator itu sendiri, guru, kepala sekolah, pegawai dinas pendidikan dan UPT sampai dengan pemerhati pendidikan (orang tua siswa, wartawan, dsb) namun de facto nya ketika pertemuan dan dalam setiap diskusi yang hadir ya itu-itu saja ya… (mungkin sibuk dengan aktifitas yang lainnya). Karena bila kita menilik kepada peran sebagai operator sebagian besar dirangkap oleh rekan-rekan yang berkedudukan sebagai tenaga kependidikan (baca Tata Usaha) bahkan ada yang dirangkap oleh seorang guru. Bagi mereka Operator hanya sebagian kecil dari tugas mereka atau mungkin hanya sebatas tugas tambahan namun ada juga yang kesehariannya memang sebagai Operator yang waktu dan tenaga nya diperuntukkan untuk mengawasi, mengevaluasi dan mengeksekusi dari berbagai macam tugas operator (kalau dijelaskan bisa panjanggggggggggg…)

Seiring dengan berjalannya waktu perkembangan teknologi semakin pesat dengan berbagai macam produknya, hal ini dimanfaatkan oleh rekan-rekan pengurus sebagai media untuk saling bersosialisasi, saling mengabarkan info-info penting dan sebagai sarana pendukung silahturahmi diantara anggota namun disisi lain hal ini juga menjadi pemicu kesimpangsiuran informasi karena setiap anggota bisa dengan mudah mengakses bahkan menyebarkan informasi yang kadang belum bisa dipertanggungjawabkan kevalidannya. Mulai dari yang memang tulus ikhlas menginformasikan ataupun hanya sekedar memuat ulang informasi dari rekan-rekan terdekatnya. Hal ini mengingatkkan saya pada suatu waktu yang lalu paparan dari para pendiri mengapa group ini dibentuk, apa tujuannya dan siapa sasarannya karena saya adalah pendatang baru di komunitas ini. Mereka menyampaikan bahwa selain sebagai sarana silahturahmi juga sebagai sarana saling bertukar informasi diantara anggotanya tanpa melihat status strata sosialnya (hehehehe…) hingga akhirnya dibentuklah sebuah kepengurusan untuk dapat mengakomodir permasalahan-permasalahan yang ada untuk dapat dipecahkan bersama. Keterwakilan operator dari masing-masing jenjang pendidikan sudah cukup memadai tapi lagi-lagi masalah kesibukan yang membuat tidak maksimalnya organisasi ini (seperti saya yang sibuk sebagai pedagang tahu telor keliling…). Semakin hari semakin menurun intesitas berkumpulnya namun mereka tetap semangat dengan kondisi ini. Berbagai treatment di jalankan untuk tetap bisa meningkatkan kesolidan organisasi ini mulai dari wisata kuliner, buat seragam,nongkrong di café, sampai dengan Gathering keluarga besar ke tempat wisata (ini lho yang aku kangenkan…). Hal ini membuahkan hasil ada respon positif dari anggota yang lainnya walaupun pada akhirnya kembali pada kondisi semula (yang ada dan yang datang ya itu-itu aja). Disinilah seleksi alam berjalan siapa yang komitmen dan siapa yang tidak.

Dari apa yang saya amati dari aktifitas group ini ada sedikit hal yang mengganjal di hati. Entah karena pasifnya anggota dari jenjang ini (baca SD) atau mungkin karena tidak ada motor penggeraknya atau minim nya informasi dari bidang terkait (DIKDAS) yang akhirnya tercetus komentar “kok informasinya dari salah satu bidang saja (DIKMEN), mana yang dari bidang kami”. Selidik punya selidik ternyata setelah saya cari di daftar anggota tidak ada satupun anggota yang berasal dari bidang tersebut (semoga sekarang sudah bersedia bergabung) dan setiap ada pertemuan baik yang diselenggarakan oleh DIKNAS maupun pertemuan rutin FOD sangat jarang menghadirkan nara sumber dari bidang tersebut. Sampai pada suatu ketika FOD terpecah koordinasinya, khusus jenjang SD di koordinasi oleh UPT setempat yang sampai saat ini belum jelas arah pembinaan nya. Tentu nya tetap berprasangka baik bahwa semua ini pasti akan ada hasilnya. Belum lagi muncul group baru dari kalangan rekan-rekan operator SMA Swasta, ada apa ini? Apakah mereka merasa kurang terakomodir atau ada masalah lainnya? Ini tugas kita kedepan bagaimana bisa merangkul semua pihak untuk tetap solid.

Bulan terakhir pada setiap triwulan adalah momen paling mendebarkan sekaligus paling menjengkelkan, karena pada saat ini kredibilitas kita di uji dengan terbitnya hasil kerja kita sebagai operator yang berhubungan dengan kesejahteraan Tenaga Pendidik. Ada yang senang, ada pula yang susah, ada yang diam saja atau bahkan ada yang marah-marah. Untuk masalah honor tidak usah dibahas ya karena “Lain Ladang Lain Belalang” dan sangat sensitif banget. Tetap diniatkan bekerja sebagai ibadah. Mungkin hanya ini rekan sedikit sharing dari saya, untuk masalah aplikasi aku tak bahas disini karena saya yakin semua adalah masternya namun saya hanya sumbang masukan terkait keberlangsungan FOD ke depan. Ke depan apabila akan ada agenda pembentukan pengurus baru dan pembuatan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) mungkin secuil permasalahan ini bisa menjadi bahan perumusan dan program kerja nya serta bisa menjadi masukan untuk para pihak terkait dalam penentuan kebijakan.

Mumpung masih dalam bulan Syawal, saya mengucapkan Taqobalallahu Minna Wa Minkum Taqobbal Ya Kariim, Minal Aidzin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Bila tulisan ini tidak berkenan buat rekan-rekan silahkan hapus saja postingan ini atau mungkin Delcont saja akun saya sekalian. Satu hal yang tetap menjadi perhatian, “pilah, pilih dan tampilkan posting berita sesuai peruntukan dan pada tempatnya”. Jangan lupa dan malu konsultasi ama senior-senior karena mereka organisasi kita ada…

Salam Satu Data… ‘�

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s