Sebelum Kamu Ada, Kakakmu Menjalani 10 Hal Ini Dalam Kehidupannya…

oleh :
seorang Anak Pertama dari 3 bersaudara, Ayah dan Suami
JAWAD BAHONAR


IMG_7324IMG_7679
Menjadi anak paling kecil di keluargamu berarti kamu tidak hanya harus mendengarkan apa kata orang tua, tapi juga kakakmu. Terkadang kalian protes karena selalu diperlakukan seperti anak kecil dan selalu disuruh-suruh oleh kakak kalian. Tapi, tahukah kalian bahwa ada 10 hal yang tidak pernah kakak kalian permasalahkan dan mereka tidak mau menceritakannya padamu. Mereka berharap kamu akan mengerti ketika sudah dewasa nanti. Apa saja 10 hal itu?

20120527_0816231. Sebelum kamu ada, kakakmu dikelilingi peraturan yang ketat
Ketika orang tua kalian melahirkan si kakak, mereka masih dalam tahap belajar menjadi orang tua, dan mereka biasanya terlalu overprotektif terhadap kakakmu. Ketika kamu lahir di dunia ini menemani kakakmu, barulah orang tuamu bisa agak sedikit lunak. Berterimakasihlah pada kakakmu yang sudah membuka jalan untukmu. Kakakmu telah membuka jalan bagimu agar menjalani hidupmu di rumah menjadi lebih mudah, dan kadang dia ingin kamu menyadari hal itu.

2. Kakakmu dibebani ekspektasi yang tinggi dari orang tuamu karena dia anak tertua
Karena dia anak pertama, maka dialah yang menanggung beban penuh dari orang tuamu. Dialah yang pertama kali menerima hal-hal yang tidak mengenakkan dari orang tuamu dari waktu ke waktu, meski itu membuatnya frustasi namun hal itulah yang membuat kakakmu menjadi lebih dewasa dan bertanggung jawab.IMG-20130403-00020

3. Disengaja atau tidak kakakmu mencoba untuk menjadi panutan yang baik untukmu
Karena kakakmu seringkali dipaksa untuk bertindak lebih dewasa dari teman seumurannya oleh orang tuamu, dia selalu berpikir tentang pilihan dan tindakannya karena dia tahu kalau kamu melihatnya dan akan menirunya. Walau kadang dia kurang tanggung jawab dan sering main-main, di lain waktu dia bisa mengontrol dirinya dan menjadi teladan bagimu.

4. Dia membuat hidupmu lebih mudah
Ketika dia sedang melalui masa-masa sulit, seperti bertengkar dengan orang tuamu atau ada masalah di sekolah, dia selalu mencoba untuk menanganinya sendirian. Dia beberapa kali mencoba, jatuh, bangkit, begitu seterusnya sampai dia menemukan solusinya. Dan dia bakal dengan senang hati membantumu ketika kamu sedang berada dalam kondisi yang sama an apa yang dia alami dulu. Mungkin terkadang terdengar seperti omelan, tapi percayalah, dia tidak ingin kamu mengalami seperti apa yang dia alami sebelumnya.

5. Terkadang dia membiarkanmu berbuat salah agar kamu dapat belajar dari kesalahanmu
Meski dia berusaha membantumu dan memberimu arahan, terkadang kamu harus merasakan sendiri konsekuensi dari apa yang kamu lakukan. Karena itulah ada saatnya dia hanya diam ketika kamu sedang dalam masalah, karena dia tahu kamu tidak akan mendengarkannya. Tapi tenang saja, setelah itu berakhir dia pasti menghiburmu.

IMG_0819IMG_0824IMG_08266. Dia akan menjadi mediator jika kamu bertengkar dengan orang tuamu
Bertengkar dengan orang tua pasti bakal terjadi, entah itu karena hal sepele atau memang ada masalah. Kamu mungkin tidak sadar ketika bertengkar dengan orang tuamu sebenarnya diam-diam kakakmu bicara pada orang tuamu dan menceritakan apa yang kamu rasakan dan membantu memediasi kalian. Bahkan kadang dia membelamu meski tahu kalau kamu memang salah.

7. Kakakmu senang sekaligus takut ketika mengetahui kamu sudah punya pacar
Ketika kamu sudah cukup dewasa dan mulai punya perasaan terhadap lawan jenis kamu, meminta saran kepada orang tua terasa agak kurang tepat. Cobalah minta saran kepada kakakmu, meski kadang dia terkesan menginterogasi pasanganmu, sebenarnya dia mendukungmu dan tidak ingin kamu terluka karena pasanganmu. Kakakmu yang lebih dulu merasakan pubertas bisa memberikan saran yang tepat dan berguna untuk hubungan kalian.

IMG_7672 IMG_7673

8. Kakakmu sengaja mengkritikmu dan menggodamu agar kamu menjadi pribadi yang lebih baik
Terkadang kakakmu menjadi sangat menyebalkan, mungkin tidak peduli dengan masalahmu, atau menggodamu ketika kamu ada masalah. Dia ingin kamu termotivasi untuk menyelesaikan masalahmu sendiri dan membuktikan bahwa kakakmu salah. Memang terkesan kejam tapi itu adalah metode yang efektif. Jika sudah keterlaluan, kakakmu akan meminta maaf padamu dan kembali mendukungmu dengan cara yang lebih lembut.

IMG_7886IMG_7736

9. Dia bertindak seperti guru, teman, dan bodyguard bagimu.
Kakakmu akan selalu ada untukmu, entah itu ketika kamu dibully, membelikanmu makanan, membantumu mengerjakan pr, dan mengajarkanmu hal lain yang berguna. Padahal dia tidak kursus mengenai hal itu, dia hanya ingin selalu memberikan yang terbaik untukmu dan selalu menjagamu ketika kamu ada masalah. Kakakmu akan melakukan hal itu tanpa dia sadari, karena itu adalah refleks dan menunjukkan bahwa dia sebenarnya sangat menyayangimu.

IMG_728810. Dia akan selalu ada untukmu
Kakakmu akan siap untuk segala hal yang berkaitan denganmu, entah itu antar jemput saat kamu main ke rumah teman, mengantarkanmu belanja, meminjamkan uang untukmu agar kamu bisa beli barang yang kamu inginkan , menonton konser, hingga membela saat kamu bertengkar dengan orangtuamu. Bahkan ketika kamu datang kepadanya secara mendadak, dia akan bisa menenangkanmu dan membantumu mencari jalan keluar bersama-sama. Hal itu dikarenakan dia telah melewati banyak masalah sebelumnya dan dia tidak ingin kamu tahu. Sehingga dia cukup berpengalaman bagaimana mengatasi masalah, meski masalah itu belum pernah dia hadapi sebelumnya.

IMG_7675

Nah, sekarang apakah kamu sudah sadar hal-hal apa yang dilakukan kakakmu selama ini dibelakangmu? Cobalah untuk memahaminya, jangan selalu ingin dipahami hanya karena kamu adalah anggota keluarga yang paling muda. Kakakmu telah melalui masa-masa sulit yang bahkan mungkin kamu tidak tahu bagaimana cara menyelesaikannya.

IMG_7299IMG_7676

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s